By Foundation of Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA

INDONESIAN BROADCASTING

Three Problems Human Resource in Republik Indonesian Television

by: Andrik Purwasito

Perubahan paradigma dari Televisi Pemerintah menjadi Televisi Publik mempengaruhi perubahan visi-misi, organisasi, SDM, anggaran dan kebijakan lainnya. Perubahan Visi-misi membutuhkan dukungan organisasi baru, SDM yang fresh, keuangan yang memadai dan kebijakan pendukung lainnya. Untuk SDM sebagai kunci keberhasilan membangun TVRI sebagai televisi Publik, dibutuhkan pengukuran yang bersifat tangible dan intangible (karakter, perasaan, sikap, presepsi dll) sampai pada pengukuran kompetensi dan potensi SDM yang ada ataupun yang kan di rekrut mengisi SDM yang dibutuhkan, demi terlaksanakanya terwujudkan Visi dan tuntasnya Misi yang diajukan.

Bogor 27-30 Nopember 2010

Problematika SDM  TVRI

  1. SDM adalah kunci yang menentukan dalam mewujudkan Visi TVRI  yakni sebagai media alternatif bangsa Indonesia dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa untuk memperkuat kesatuan nasional.  Serta mampu menjalankan 4 Misi utama TVRI, yaitu (baca blue print TVRI 2007-2011). SOLUSI dibutuhkan Rencana Strategis Pengembangan SDM TVRI.

  2. Kemampuan institusi TVRI (capacity building) makin loyo, disebabkan terjadinya kesenjangan antara harapan untuk SDM yang profesional sebagai tindak pencapaian Citra TVRI sebagai LPP Publik disatu pihak dengan SDM existing, dalam kondisi ambang batas usia pensiun (out of date) di pihak lain. SOLUSI dibutuhkan recruitment system yang mendukung terwujudkan Visi TVRI dan keberhasilan terlaksananya Misi TVRI dan Benchmarking.

  3. Perubahan paradigma TVRI dari Televisi yang berorientasi terhadap informasi dan komunikasi Pembangunan yang didominasi oleh Kepentingan Pemerintah menjadi informasi dan komunikasi Pembangunan berbasis layanan publik (Negara), sebagai biang keladi kekacauan pada kebijakan pengembangan kelembagaan dan sumber daya manusia. SOLUSI : perlunya menyusun perencanaan menyeluruh, baik menyangkut struktur organisasi, tugas pokok dan fungsinya yang lincah, efektif dan akuntabel, maupun terhadap perencanaan SDM yang saling mengisi antara kebutuhan yang ada dengan kompetensi yang sesuai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s