By Foundation of Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA

Metode Analisis dan Sistematika Studi Pesan

By Andrik Purwasito

1. Pengantar

Pada dasarnya Studi Pesan yang saja ajukan  sebagai temuan teoritis dan metodologis, sebagai upaya saya Membangun Teori Komunikasi versi Asia, adalah bagaimana mengkaji proses rekayasa pesan (message engineering) dari realitas sosial menjadi realitas media atau realitas simbolik. Dalam hal ini Empat Pilar Saka Guru (fundamental  pillar) Studi Pesan yaitu:  (1) bahwa Komunikasi  sebagai pertukaran  simbol didefinisikan sebagai sarana mendapatkan kekuasaan, (2) bahwa dalam proses  rekayasa pesan (encoding process)  komunikator membangun pesan  berdasar atas referensi budaya dan ideologinya, (3) bahwa pesan komunikasi berwujud tanda dan berkarakter simbolik  bersifat  presentatif  (penggambaran),   imajeri (pencitraan) dan representatif (keterwakilan), (4) dank arena bersifat  Tanda  simbolik (verbal dan non verbal) maka analisis  Studi Pesan menggunakan  teori  semiology dan metode tafsir pesan  komunikasi, yang saya sebut sebagai analisis semiologi komunikasi.

2. Tahapan Analisis Studi Pesan

Dalam bab 1 harus dijelaskan mengenai  beberapa teori dan metodologi,  antara lain memuat tentang:

a.    Menjelaskan konsep dan teori  Komunikasi.  Jelaskan dan ceritakan pada level komunikasi yang mana yang akan dijadikan UNIT ANALISIS.  Misalnya, Komunikasi Massa, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Sosial-budaya, Komunikasi  Politik, Komunikasi Antar-budaya.

b.    Apabila anda memilih salah satu dari level komunikasi yang dimaksud di atas, maka Peneliti wajib memberikan gambaran yang jelas mengenai  hal apa yang akan dijadikan subyek kajian, misalnya dalam hal penjelasan ini  adalah mengenai Pesan.  Peneliti juga bisa bersifat khalayak atau medianya.  Jelaskan mengapa alasan Peneliti memilih subyek kajian dimaksud.

c.    Metoda Tafsir Pesan Komunikasi  seperti apa yang peneliti pilih. Apabila peneliti memilih semiologi Ferdinand de Saussure, konsisten dan pahami secara baik. Demikian pula jika peneliti memilih semiotika Charles Sanders Pierce.  Namun, apabila anda khusus mengkaji pesan,  saya telah memberikan pisau tafsir pesan dengan 7 formula sederhana.

d.    Membuat katagorisasi sebagai cara untuk mensistematisir  analisis dan jawaban atas rumusan masalah yang diajukan.

e.    Metoda analisis Studi Pesan, dengan 7 formula dibutuhkan penjelasan yang lebih operasional kedalam subyek yang tengah diteliti oleh peneliti. Misalnya, formula 1 bahwa partisipan komunikasi wajib dijelaskan secara mendalam. Misalnya,  peneliti apakah akan memfokuskan diri untuk  mencari Apa motif komunikator membangun Pesan. Formula 2, konteks ruang dan waktu kapan dan dimana pesan itu dibangun. Formula 3, intertektualitas yakni membangun argumentasi dengan cara membandingkan dengan pesan-pesan lain yang dibangun oleh komunikator , formula 4, intersubyektivitas, artinya mengguncakan referensi  lain atau  telaah dan studi yang  mungkin pernah dilakukan. Termasuk beberapa sumber yang dapat dipercaya, misalnya dimuat di Majalah, Suratkabar dan dokumen lain. Apabila mengambil di Internet, kredibilitas penulisnya harus menjadi pertimbangan utama.  Demikian formula yang lain perlu dijelaskan untuk kepentingan apa dicantumkan sebagai pisatu analisis (membangun argumentasi).

3. Sistematika Penulisan

Sistematika untuk Studi Pesan sebagai berikut:

BAB II

1.    Sejarah dan Asal Usul Komunikator  Sang Produktor Pesan.

2.    Sejarah  dan Asal usul  Pesan yang menjadi Subyek Kajian

BAB III

Penyajian Data (Korpusisasi) – Image dan naratif

BAB IV

Analisis Data dengan sistematika Katagorisasi yang telah diajukan di depan.

BAB V

Kesimpulan, Saran dan Implikasi Penelitian

BAB VI

Daftar Pustaka

 

Sekian mudah-mudahan bermanfaat.

 

House of Cross-Cultural Studies, Prof Dr. Andrik Purwasito, DEA, Kampoeng Ngoro Tengah, Triyagan, Sukoharjo 57554

Bertapa di Donoloyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s