By Foundation of Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA

Political Management of State

Di bawah ini merupakan Kata Pengantar untuk terbitan buku Manajemen Politik Negara, yang akan segera terbit akhir tahun 2011. Anda bisa memesan melalui Web ini. Sekian terima kasih. Hormat saya penulis : Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA

Monarkhi SImbol seperti Lambang Surya Baskara Majapahit

Buku Manajemen Politik Negara ini dipersiapkan sejak 12 tahun yang lalu, sebagai bahan pengajaran mata kuliah Sistem Politik Indonesia dan Pengantar Ilmu Politik pada fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Buku ini mendampingi Pengantar Studi Ilmu Politik yang memfokuskan pada pembahasan tentang teori dan gagasan politik. Sedangkan buku ini menyangkut pentingnya manajemen politik negara sebagai masukan bagi para pemimpin bangsa, eksekutif, legislatif dan yudikatif serta akademisi dan masyarakat luas, agar bangsa Indonesia memperoleh inspirasi dan kemanfaatan atas terbitnya buku ini.

Buku ini dapat juga disebut sebagai manajemen demokrasi, sebagaimana Lima Kiat Arend Lijphart yang menawarkan lima unsur dalam mengelola demokrasi. Pertama, adalah pembagian kekuasaan (sharing of power) yang memungkinkan berbagai kelompok etnis dapat terwakili dalam koalisi besar (grand coalition) nasional, yaitu pembagian kekuasaan antara kelompok mayoritas dengan kelompok minoritas.

Kedua, penyebaran kekuasaan (dispersal of power), antara kekuasaan eksekutif dan kekuasaan legislatif serta beberapa partai minoritas. Ketiga, distribusi kekuasaan (distribution of power) yang adil dalam bentuk perwakilan yang proporsional. Ketiga, delegasi kekuasaan (delegation of power) pada kelompok-kelompok yang terorganisasi secara teritorial maupun non teritorial.  Kelima adalah, pembatasan kekuasaan secara resmi (limitation of power), yakni diberikannya beberapa hal khusus seperti hak veto kepada golongan minoritas untuk hal-hal yang bersifat sensitiv.

Demikian buku ini dapat hadir kehadapan pembaca berkat dukungan dan bantuan dari kebijakan Rektorat periode 2011-2015. Semoga buku ini membawa manfaat.

 Surakarta, 1 Agustus 2011 Penulis

Andrik Purwasito, Guru Besar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Unviersitas Sebelas Maret, Surakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s